Diberdayakan oleh Blogger.

Lansekap Pandeglang


posted by rahmat rahmatullah on

No comments


Pandeglang adalah sebuah Kabupaten di ujung barat Pulau Jawa. Bagi saya, Pandeglang adalah sebuah kota damai, jauh dari riuh ramai, nyaman untuk istirahat dan melepas penat. Dalam berbagai ‘keterbelakangannya’, kabupaten tanpa Mall, tanpa bioskop, tanpa asap industri, merupakan keberkahan tersendri.  Biarlah investasi industri tidak seberapa, yang terpenting harmonisasi manusia dan alam tetap terjaga.

Keindahan alam pandeglang  memang tiada terkira, dikelilingi tiga Gunung yag seolah membentengi : Gunung Karang, Gunung  Pulosari dan Gunung Haseupan. Di penghujung paling barat terdapat Taman Nasional Ujung Kulon yang masih perawan dengan pesona habitas badak bercula satu, Pantai Carita terhampar menyambung hingga ke anyer, dan banyak potensi alam indah lainny yang menandakan harmonisasi manusia dan alam.

Hanya sayang Pandeglang  hari ini adalah kota tanggung yang sedang gagap, sejarah Pilkada ulang total di seluruh TPS di Indonesia, di Kota inilah bermula… sungguh sayang politik telah mengubah kearifan warganya, memang itulah politik, meluruhkan silaturahmi, merusak struktur sosial yang dibangun orang tua dahulu.

Saya bersyukur jika Pandeglang kedepan dan jauh kedepan menjadi kota yang tidak tidak dilirik industri berasap. Karena di Banten hanya Pandeglang dan Lebak-lah yang kondisi alamnya masih asri. Lebih baik kedepan menjadi kota jasa, mengembangkan pariwisata dan mengedukasi warga dengan sadar wisata agar alam tetap terjaga. Biarlah pandeglang bermetamorfosis menjadi Malang atau Salatiga, kota yang menyiapkan Modal manusia dengan pendidikan komperhensif, menyiapkan stok manusia yang siap membangun bangsa, dan menjadikan sektor pertanian dengan inovasinya menjadi unggulan. Tapi sayang kedua harapan tersebut tidak ada dalam Visi kepemimpinan Pandeglang kini…Karena politik telah merubah wajah Pandeglang menjadi temaram dan bahkan suram.

Apa yang disuguhkan disini bukanlah artikel ulasan politik, ataupun monograf Pandeglang, tapi sekedar menampilkan sebagian kecil lanskap Pandeglang…tanpa politiknya yang temaram.

Alun-alun Pandeglang menghadap punggung Gunung Karang

Pendopo 'Minimalis' Kabupaten Pandeglang


Menara Air Peninggalan Belanda
Bagian dari cagar budaya
Masjid Agung Ar-Rahman Pandeglang
 Gunung Haseupan

Gunung Pulosari

View Pantai Carita dari Ketinggian Bangangah
Hamparan Sawah Kecamatan Mengger
Suasana Guyub Menanam Padi


Mungkin ini semua adalah lanskap Desember 2010 akhir, Foto hanyalah salah satu bentuk rekam jejak, yang mungkin satu, lima atau 10 tahun lagi sudah berubah...Moga semua tetap terjaga, Pandeglang tetap dalam harmoni masyarakat dan alam.***

Leave a Reply

Sketsa