Diberdayakan oleh Blogger.

FORUM CSR; Sinergi Pemerintah dan Perusahaan Meningkatkan Kesejahteraan


posted by rahmat rahmatullah on

No comments

-->

Jumat, 22 November 2013, dilangsungkan sosialisasi dan pengukuhan pengurus Forum CSR Kota Tangerang Selatan, bertempat di Damai Indah Golf, Bumi Serpong Damai (BSD). Dalam perhelatan tersebut dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pejabat di Lingkungan Pemkot Tangsel, dan 150 Undangan pelaku/ pimpinan perusahaan di wilayah Tangsel, selain juga unsur pemangku kepentingan lain yaitu perguruan tinggi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut saya diberikan kesempatan menyampaikan materi mengenai Forum CSR; Sinergi Pemerintah dan Perusahaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Landasan Forum CSR adalah kemitraan dimana mengedepankan prinsip: Pertama, kesetaraan atau keseimbangan (equity): saling menghormati, saling menghargai dan saling percaya.  Kedua, Transparansi: menghindari rasa saling curiga antar mitra kerja. Ketiga, saling menguntungkan, bagi pihak yang terlibat (Wibisono, 2007).
Letak keunggulan Forum adalah sinergi antara Visi/ Prioritas/ Program Pemerintah dan Visi CSR Perusahaan, yang kemudian dunia usaha men-support program-program pemerintah yang sejalan dengan program CSR perusahaan. Karena bagaimanapun ada kesamaan fokus antara pemerintah maupun dunia usaha dalam prioritas programnya, yaitu tidak lepas dari isu: penanggulangan kemiskinan, pengangguran,kesehatan, pendidikan dan pengembangan ekonomi.
Dalam melaksanakan aktivitasnya, Forum CSR memiliki tugas-tugas, diantaranya:
  1. Melakukan edukasi dan sosialisasi CSR,
  2. Melayani dan memfasilitasi perusahaan untuk mengaktualisasikan CSR,
  3. Mendata, mencatat, mendokumentasikan dan publikasi seluruh kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan.
  4. Melakukan mediasi/konsultasi yang diperlukan perusahaan dalam implementasi CSR.
  5. Memberikan apresiasi/penghargaan terhadap perusahaan yang telah menjalankan CSR secara nyata dan efektif serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Jika sinergi antara pemerintah dan dunia usaha berjalan lancar melalui Forum CSR, maka besar kemungkinan ada akselerasi dalam pencapaian peningkatan kesejahteraan masyarakat pada satu wilayah.***

Leave a Reply

Sketsa