Diberdayakan oleh Blogger.

Surat Aiman Untuk Palu, Donggala dan NTB


posted by rahmat rahmatullah on

No comments


Tulisan ini dibuat untuk menyampaikan amanah anak (Aiman 6 tahun), semoga doa yang ia haturkan dengan segala kepolosan dan ketulusannya, Allah kabulkan dan menjadi kekuatan untuk seluruh saudara yang ada di Donggala, Palu dan NTB.

Sedikit cerita, tanggal 29 selepas Shalat subuh, saya beritahu Aiman jika telah terjadi gempa dan tsunami di di Donggala Provinsi Sulawesi Tengah dan menyebabkan tsunami. Kebetulan selepas subuh hingga jam 06.00 adalah jatah aiman mengakses Youtube, saya sarankan ia men-search video gempa/ tsunami di Palu dan Donggala. Aiman tertegun dan terguncang melihat beberapa video netizen yang diunggah dalam kanal youtube. Tiba-tiba dia bergegas ke kamar, selang beberapa menit Aiman kembali dan mencari amplop. Saya tanya buat apa amplop? Dia bilang “Aiman butuh buat masukin surat untuk NTB, donggala dan palu”. Setelah itu Aiman meminta saya untuk membuka amplop yang sudah ia lem rapat dan membacanya. Inilah surat yang Aiman buat untuk saudara di NTB dan Sulawesi Tenggara (maksudnya Sulawesi Tengah).

Bismillahirrahmanirrahim
SURAT UNTUK (NTB) DAN SULAWESI TENGGARA
sabtu 29 September 2019
Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Innalilahi wa innailaihi rajun. Ya Allah sembuhkan lah orang yang di Kota Palu dan nusa tenggara barat. Ya Allah Ya Allah limpahkanlah rezekinya Ya Allah. Semoga orang-orang disana masuk surga. Ya Allah 2 pulau Indonesia terkena musibah Ya Allah. Ya Allah Sembuhkanlah Ya Allah Amiin.

Ada hal menarik tentang surat yang Aiman buat. Pertama, saya tidak menyuruhnya membuat surat, tapi murni kebeningan dan keterpanggilan hati anak yang masih bersih untuk menuliskannya tanpa rekayasa dan kepentingan. Kedua, pada saat pagi itu membaca surat yang Aiman buat, saya agak bingung namun tidak mengomentari apa maksud Aiman menuliskan Semoga orang-orang disana masuk surga dan Sembuhkanlah Ya Allahkarena pada tanggal 29 pagi belum ada berita lengkap tentang berapa jumlah korban jiwa. Dan kini terungkap betapa dahsyatnya gempa 7,4 SR disertai tsunami plus Likuifaksi yang terjadi di Donggala, Palu dan Sigi mengakibatkan 2.037 jiwa meninggal, 671 jiwa hilang, 152 jiwa tertimbun, 4.084 jiwa luka-luka, 74.044 jiwa mengungsi, 67.310 unit rumah rusak, dan sebagainya. Rupanya mata batin Aiman begitu tajam dan seperti mengetahui apa yang terjadi sehingga pada saat surat dibuat tanggal 29 September jam 06.00 ia menuliskan Semoga orang-orang disana masuk surga dan Sembuhkanlah Ya Allah.

Semoga melalui blogsite ini doa yang dihaturkan Aiman melalui surat tersampaikan kepada saudara-saudara yang sedang diuji ketangguhannya baik di Palu, Donggala, Sigi, dan NTB. Dan Semoga Allah berkenan mengabulkan doa seorang anak yang masih bening hatinya dan indah perangainya.

Hal yang terpenting dibalik aneka musibah khususnya gempa yang bertubi-tubi menguji negera ini adalah bahwa musibah yang terjadi adalah peringatan untuk semua umat manusia agar tidak jumawa, agar berintrospeksi diri, agar mengingat bahwa dunia hakikatnya sementara, agar melembutkan rasa dan hati, agar mampu mengntrol kata dan laku ***

Leave a Reply

Sketsa