Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Lengkap CSR


posted by rahmat rahmatullah on

No comments



Alhamdulillah permintaan para pembaca kedua buku ini belum surut,  dalam satu minggu masih ada pihak yang menghubungi saya untuk pemesanan. Berdasarkan catatan, pesanan akan buku ini terdistribusi mulai dari Aceh hingga Papua, pembacanya beragam mulai dari mahasiswa sebagai bahan penulisan skripsi, tesis maupun disertasi, para akademisi, praktisi CSR pada aneka latar perusahaan, anggota DPR/D, pemerintahan daerah, hingga masyarakat umum yang ingin memahami dan mempraktikan CSR dengan praktis namun komperhensif.

Sedari awal buku pertama “Panduan Praktis Pengelolaan CSR” saya rancang bagi pemula yang ingin mengetahui dan mempelajari CSR dengan mudah, tidak terumitkan oleh konsep-konsep, implementatif dan lengkap. Segmentasi pembacanya adalah siapapun mereka dengan latar beralang apapun bisa memahami CSR dengan mudah, bisa dipertanggungjawabkan dan mudah dilaksanakan karena diberikan aneka contoh program dan pelaksanaan CSR.

Sedangkan buku  kedua “ Best Practice; Kemitraan CSR Antara Pemerintah, Perusahaan dan LSM” merupakan kelanjutan dari buku pertama terkait membangun hubungan dengan pemangku kepentingan dalam melaksanakan CSR. Karena pada dasarnya pemangku kepentingan dalam hal ini pemerintah, perusahaan, dan LSM memiliki tujuan yang sama, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan potensi dan keunggulan masing-masing. Namun demikian buku ini mendadarkan mengenai bagaimana membangun sinergi dari seluruh kekuatan sehingga Program pemerintah, Program CSR dan penguatan peran LSM bisa betul-betul padu dan berdampak bagi kemasalahatan masyarakat. Jangan sampai anggaran berlimpah namun hanya mubazir karena tidak menjawab kebutuhan masyarakat, melainkan hanya menjawab keinginan masing-masing pihak.

Kedua buku ini dibuat ringkas, tidak lebih dari 150 halaman, karena memang tidak banyak teori tersaji melainkan praktik menjalankan CSR, praktik membangun jejaring dengan pemangku kepentingan, praktik bermitra atas dasar saling menguntungkan dilengkapi ilustrasi. Buku ini dicetak sangat terbatas, tidak dijual di toko buku, dan hanya didistribusikan kepada pemesan, karena pada dasarnya saya gunakan buku ini sebagai bahan dalam konsultasi, pelatihan, penguatan kapasitas maupun seminar terkait CSR. Semoga buku ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan masyarakat.***

Leave a Reply

Sketsa