Diberdayakan oleh Blogger.

Social Mapping, Need Assessment dan Review Program CSR


posted by rahmat rahmatullah on ,

No comments



Social Mapping, Need Assessment dan Review dimaksudkan untuk menilai tentang pelaksanaan program CSR dalam kurun waktu tertentu, sesuai dengan prinsip-prinsip CSR. Aktivitas ini dilakukan dengan menggali, menemukenali, memetakan komunitas sasaran, kebutuhan serta harapan masyarakat khususnya pada wilayah utama operasional perusahaan, yang dapat dijadikan sebagai acuan menyusun  Rencana Strategis CSR perusahaan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang, dengan tujuan:
v  Sebagai perwujudan visi dan misi perusahaan
v  Membangun hubungan yang harmonis dan mencptakan kondisi yang kondusif dengan merencanakan program CSR yang mendukung peningkatan reputasi dan value perusahaan bagi pemegang saham dan para pemangku kepentingan serta menjadi bagian dari strategi bisnis untuk meningkatkan performa dan daya saing perusahaan secara berkelanjutan.
v  Meminimalisir dampak negatif dan memberikan kontribusi dalam upaya memaksimalkan dampak positif keberadaan perusahaan
v  Bagian dari upaya membangun citra dan reputasi perusahaan
v  Meningkatkan dan menyempurnakan pengelolaan CSR dengan merencanakan program-program yang tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, dan tepat manfaat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Sasaran dan Output

Dalam melaksanakan Social Mapping, Need Assessment dan Review CSR, harus ditentukan sasaran dan output, diantaranya:
v  Review realisasi program CSR  dalam kurun waktu atau periodisasi tertentu, biasanya 3 atau 5 tahun terakhir.
v  Terpetakan persepsi masyarakat terhadap keberadaan perusahaan dan kegiatan CSR perusahaan, serta harapan masyarakat untuk program CSR baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.
v  Terpetakan siapa saja yang menjadi komunitas sasaran, komunitas tidak/ kurang berdaya baik yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kegiatan usaha perusahaan.
v  Terpetakan potensi konflik pada jalur titik-titik lokasi yang memiliki intensitas kepentingan sosial, ekonomi dan lingkungan khususnya kepentingan masyarakat dan perusahaan.
v  Terpetakan bagaimana keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam penyusunan Rencana Strategis CSR.
v  Tersedia peta prioritas masalah, potensi dan kebutuhan masyarakat termasuk kondisi dan struktur sosial, ekonomi dan lingkungan, potensi sumber daya manusia, potensi sumber daya alam, modal sosial, modal keuangan, kondisi infrastruktur publik.
v  Tersusunnya rekomendasi tindak lanjut hasil, Social Mapping, Need Assessment dan Review CSR pada sekitar wilayah operasi perusahaan
v  Tersusunnya Road Map CSR perusahaan, beserta program unggulan berdasarkan peta kebutuhan masyarakat sejalan dengan core CSR perusahaan, sebagai bahan penyusunan  Rencana Strategis CSR perusahaan.
Semoga bermanfaat*

Leave a Reply

Sketsa