Diberdayakan oleh Blogger.

Monitoring dan Evaluasi CSR


posted by rahmat rahmatullah on

No comments



Monitoring merupakan pemantauan yang dilakukan secara terus menerus terkait proses pelaksanaan program CSR. Monitoring dilakukan secara berkala selama berlangsungnya suatu kegiatan atau proyek. Sedangkan evaluasi menilai secara keseluruhan apakah pelaksanaan program CSR tersebut dilakukan sesuai rencana atau ketentuan yang telah disusun sebelumnya. Evaluasi mengukur berhasil atau tidaknya program yang telah dilaksanakan. (Huraerah, 2008).
Dalam kaitannya dengan program CSR, Monitoring dan evaluasi (Monev) merupakan bagian dari pengelolaan manajemen program, yang diintegrasikan sejak awal perencanaan. Pada saat perencanaan, dirumuskan ukuran-ukuran kuantitatif dan kualitatif indikator keberhasilan program, sehingga dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan monev pada saat atau setelah program  berjalan.
Aktifitas Monitoring diantaranya:
  1. Melakukan kajian mengenai berlangsungnya kegiatan secara periodik apakah sesuai dengan rencana yang telah ditentukan atau tidak. 
  2. Melakukan analisis serta rekomendasi atas pelaksanaan program berupa progress report 
  3. Melakukan refleksi dengan masyarakat, kader lokal maupun staf CSR secara periodik untuk menyempurnakan kegiatan, dalam waktu tiga atau enam bulan.
Sedangkan aktifitas Evaluasi adalah sebagai berikut 
  1. Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan relevansi program terhadap kondisi masyarakat pada saat dan setelah berlangsungnya program.
  2. Bagi masyarakat, menggunakan hasil-hasil yang dicapai untuk merencanakan pengembangan kegiatan baru yang lebih bertumpu pada sumberdaya lokal.
  3. Bagi pengelola CSR, menganalisis hasil-hasil yang dicapai untuk digunakan dalam perencanaan, penyusunan kebijakan dan strategi CSR kedepan.
  4. Evaluasi merupakan proses belajar bersama
Lebih lengkap mengenai metode Monev dan teknis lainnya dibahas dalam Buku Pintar CSR

Leave a Reply

Sketsa