Diberdayakan oleh Blogger.

Menyusun Kebijakan CSR


posted by rahmat rahmatullah on

No comments


Untuk menyusun kebijakan yang kontekstual dan strategis, minimal ada 4 dokumen yang dapat menjadi input yakni: visi dan misi perusahaan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), social mapping dan agenda Internasional. Di antara keempat dokumen tersebut, 2 dokumen mewakili konteks lokal yakni social mapping dan RPJMD.

Dokumen social mapping memuat tiga hal mendasar yakni peta aktor, peta masalah dan peta potensi di wilayah program. Dokumen ini dapat disusun secara internal oleh perusahaan atau bekerjasama dengan pihak ke-tiga. Ada banyak definisi dan standardisasi social mapping sehingga banyak social mapping yang hasilnya tidak sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan dapat menggunakan indikator social mapping yang tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 tahun 2011 tentang Proper sebagai ruang lingkung kerja dengan pihak ketiga.

Sedangkan dokumen RPJMD dapat diakses di masing-masing situs pemerintah daerah atau Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Dokumen ini wajib dipublikasikan kepada publik seperti tertuang dalam Undang-undang nomor 14 tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 2010 tentang pelaksanaan undang-undang keterbukaan informasi pubik.

Sedangkan input dari agenda global dapat dilihat dari beberapa situs internsional. Misalnya untuk agenda pembangunan sumberdaya manusia (human development index) dapat dilihat di situs hdr.undp.org. Sedangkan agenda pembangunan millennium (millenium development goals) dapat dilihat secara detail di situs www.un.org/millenniumgoals MDGs menjadi kesepakatan arah pembangunan di 191 negara. MDGs memuat 8 tujuan, 16 target dan 63 indikator. Dalam konteks ini, perusahaan melalui program CSR dapat berkontribusi untuk meningkatkan capaian pada beberapa indikator MDGs di wilayah produksi.***


Sumber: Indikator Proper Hijau Aspek Pengembangan Masyarakat; Deputi Pengendalian & Pencemaran Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Dan Jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada,

Leave a Reply

Sketsa